Header Ads

Sqq-2
  • Breaking News

    SahabatQQ Agen Domino QQ Agen Domino 99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

    Buka Puasa Jangan Tergesa-gesa

    Rumah Sahabat - Umat Islam mulai menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Saat berpuasa, setiap orang menahan haus dan lapar dari azan Subuh hingga waktu berbuka puasa yang ditandai dengan azan Magrib.


    Saat berbuka, orang yang berpuasa boleh melepaskan dahaga dan rasa lapar dengan makan dan minum. Namun, karena sudah menahan lapar lebih dari 12 jam, orang sering kali kalap dan makan berlebihan.

    Padahal, makan berlebihan saat berbuka tidak baik untuk kesehatan. Ahli gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Hardinsyah menjelaskan panduan berbuka puasa yang sehat. Berbuka sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan dan tidak tergesa-gesa.

    "Segerakan berbuka, tapi prinsipnya pelan-pelan. Jangan tergesa-gesa karena perut akan kaget lantaran sudah kosong dari siang hari," kata Hardinsyah dalam temu media dengan Mylanta, beberapa waktu lalu.

    Mulailah berbuka puasa dengan yang manis dan lembut. Dapat berupa seteguk air dan kurma seperti yang disunahkan oleh Nabi Muhammad. Dapat pula mengonsumsi buah seperti pepaya yang kaya gizi. Agen BandarQ

    Setelah itu, Hardinsyah menyarankan untuk rehat mengonsumsi makanan sebentar. Waktu istirahat ini dapat digunakan untuk salat Magrib.

    Usai salat Magrib, konsumsi makanan dapat kembali dilanjutkan dengan makan berat. Pilih asupan makanan dengan gizi seimbang.

    "Jangan pula konsumsi yang serba 'ter' saat berbuka atau sahur. Seperti terlalu pedas, terlalu manis, terlalu asin, dan terlalu asam," tutur Hardinsyah yang juga merupakan Ketua Pergizi Pangan ini.

    Makanlah dengan pelan dan pastikan dikunyah untuk mengurangi kerja organ pencernaan.

    Hindari pula makan yang berlebihan. Hardinsyah menjelaskan, makan berlebihan saat berbuka dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan kantuk. Makan berlebihan juga merupakan penyebab obesitas yang menjadi pintu masuk bagi banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes, dan kanker.

    No comments

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Post Top Ad

    SahabatQQ Agen Domino QQ Agen Domino 99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

    Post Bottom Ad

    Sqq-2